✔ Kisi-Kisi Soal Ksn (Osn) Sd Tahun 2020 Bidang Matematika

Kisi-kisi Soal KSN (OSN) SD Tahun 2020 Bidang Matematika - Melanjutkan postingan sebelumnya wacana kisi-kisi KSN/OSN Bidang IPA, kali ini saya ingin membagikan kisi-kisi KSN-SD 2020 untuk bidang matematika. Postingan ini bersumber dari juknis resmi yang telah dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud beberapa waktu lalu.

Kisi-kisi soal OSN bidang Matematika tingkat SD/MI meliputi kompetensi inti dan kompetensi dasar kelas IV, V dan VI serta pengembangan bahan sesuai dengan olimipiade sains tingkat internasional.

Lingkup bahan yang tidak terdapat pada kompetensi dasar dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016 merupakan ekspansi kompetensi untuk menyesuaikan kebutuhan olimpiade sains tingkat internasional.

Berikut ini kisi-kisi KSN-SD 2020 untuk bidang matematika:

1. Bilangan

Lingkup materi:

  1. Bilangan Bulat
  2. Bilangan Rasional
  3. Bilangan Prima
  4. KPK
  5. FPB
  6. Pola Bilangan

Kompetensi:
Kelas III
a. Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan
b. Menggunakan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan
c. Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
d. Menilai apakah suatu bilangan sanggup dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
e. Menggeneralisasi ilham pecahan sebagai bab dari keseluruhan memakai bendabenda konkret
f. Menyajikan pecahan sebagai bab dari keseluruhan memakai benda-benda konkret
Kelas IV
a. Menjelaskan pecahanpecahan senilai dengan gambar dan model konkret
b. Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
c. Menjelaskan banyak sekali bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
d. Mengidentifikasi banyak sekali bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
e. Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
f. Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
g. Menjelaskan bilangan prima h Mengidentifikasi bilangan prima
h. Menjelaskan dan memilih factor persekutuan, factor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
i. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Kelas VI
a. Menjelaskan bilangan bundar negatif (termasuk memakai garis bilangan)
b. Menggunakan konsep bilangan bundar negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari

Silabus IMSO
a. Whole numbers
b. Rational numbers and their representations (fraction, decimals and percentages)
c. Pattern recognition
d. Factors and Multiples
e. Greatest Common Divisor
f. Least Common Multiples
g. Ordering of numbers
h. Ratio and Proportion Recreational Mathematics such as mathematical puzzle

2. Aritmatika

Lingkup materi:

  1. Operasi Bilangan
  2. Persamaan linear satu variabel
  3. Persamaan linear dua variabel
  4. Sistem pertidaksamaan linear

Kompetensi:
Kelas III
a. Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
b. Menyelesaikan dilema yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
c. Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
d. Menyelesaikan dilema penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
Kelas IV
a. Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih,hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
b. Menyelesaikan dilema penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
Kelas V
a. Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
b. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
c. Menjelaskan dan melaksanakan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
d. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
Kelas VI
a. Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif
b. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negative dalam kehidupan sehari-hari
c. Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi
d. Menyelesaikan dilema yang berkaitan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi

Silabus IMSO
a. Counting Techniques
b. Recreational Mathematics such as mathematical puzzle

3. Geometri

Lingkup materi:

  1. Bidang datar: luas, keliling, sudut
  2. Geometri Ruang: Volume, luas permukaan, jarak titik dengan bidang, jaringjaring

Kompetensi:
Kelas III
a. Menjelaskan dan memilih luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan memakai benda konkret
b. Menyelesaikan dilema luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan memakai benda konkret
c. Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangkit datar memakai benda konkret
d. Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangkit datar memakai benda konkret
e. Menjelaskan dan memilih keliling bangkit datar
f. Menyajikan dan menuntaskan dilema yang berkaitan dengan keliling bangkit datar
g. Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
h. Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
i. Menganalisis banyak sekali bangkit datar menurut sifat-sifat yang dimiliki
j. Mengelompokkan banyak sekali bangkit datar menurut sifat-sifat yang dimiliki
Kelas IV
a. Menganalisis sifat-sifat segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
b. Mengidentifikasi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
c. Menjelaskan dan memilih keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
d. Menyelesaikan dilema berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
e. Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
f. Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
g. Menjelaskan dan memilih ukuran sudut pada bangkit datar dalam satuan baku
dengan memakai busur derajat
h. Mengukur sudut pada bangkit datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
Kelas V
a. Menjelaskan, dan memilih volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga
b. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga
Kelas VI
a. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
b. Mengidentifikasi titik pusat, jarijari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
c. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
d. Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menuntaskan masalah
e. Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
f. Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
g. Menjelaskan bangkit ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangkit ruang, serta luas permukaan dan volumenya
h. Mengidentifikasi bangkit ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangkit ruang, serta luas permukaan dan volumenya

Silabus IMSO
Properties of polygons (Triangle, quadrilateral, parallelogram, trapezoid) and circles
a. Angle and its measure
b. Area and Perimeter of different polygons
c. Symmetry, reflection and rotation, similarity and proportion Properties of solid figures
d. Nets of cube and parallelepiped
e. Symmetry, reflection and rotation, similarity and proportion Recreational Mathematics such as mathematical puzzle

4. Statistika, Data dan Pengukuran

Lingkup materi:

  1. Rata-rata
  2. Perbandingan
  3. Diagram batang, lingkaran dan garis
  4. Persentase
  5. Pengukuran kecepatan

Kompetensi:
Kelas III
a. Menjelaskan dan memilih usang waktu suatu insiden berlangsung
b. Menyelesaikan dilema yang berkaitan usang waktu suatu insiden berlangsung
c. Mendeskripsikan dan memilih hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya dipakai dalam kehidupan sehari-hari
d. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan hubungan antar satuan baku untuk panjang,berat, dan waktu yang umumnya dipakai dalam kehidupan sehari-hari
e. Menjelaskan data berkaitan dengan diri akseptor didik yang
disajikan dalam diagram gambar
f. Menyajikan data berkaitan dengan diri akseptor didik yang disajikan dalam diagram gambar
Kelas IV
a. Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
b. Menyelesaikan dilema pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
c. Menjelaskan data diri akseptor didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
d. Mengumpulkan data diri akseptor didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang
Kelas V
a. Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
b. menuntaskan dilema yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)
c. Menjelaskan skala melalui denah
d. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan skala pada denah
e. Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri akseptor didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
f. Menganalisis data yang berkaitan dengan diri akseptor didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
g. Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri akseptor didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
h. Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri akseptor didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
Kelas VI
a. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah

Silabus IMSO
a. Data representation and interpretation
b. Mean, median and mode of a set of data

5. Kombinatorik

Lingkup materi:

  1. Penggunaan kombinasi dengan teknik Counting problem
  2. Pengenalan contoh dengan memakai kombinasi

Kompetensi:
Kelas III (2013 revisi)
a. Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
b. Menilai apakah suatu bilangan sanggup dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
Kelas V (2013)
a. Memilih mekanisme pemecahan dilema dengan menganalisis hubungan antar simbol, isu yang relevan, dan mengamati pola
Kelas VI (2013)
a. Menentukan mekanisme pemecahan dilema dengan menganalisis hubungan antar simbol, isu yang relevan, dan mengamati pola

Silabus IMSO
a. Counting Technique

b. Recreational Mathematics such as mathematical puzzle

Demikian kisi-kisi soal Kompetisi Sains Nasional (KSN/OSN) SD Tahun 2020 Bidang Matematika. Untuk isu lebih lengkap wacana ketentuan kompetisi dan sebagainya, sanggup mengunduh juklak resmi pada link di atas.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kisi-Kisi Soal Ksn (Osn) Sd Tahun 2020 Bidang Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel