✔ Bagaimana Merumuskan Tujuan Pembelajaran Yang Baik?

Dalam mengajar pastinya kita menginginkan ada pengetahuan / sikap yang dimiliki, dipahami atau dikuasai siswa setelah menuntaskan kegiatan berguru mengajar. Perilaku tersebut hendaknya sanggup diukur sehingga sanggup dilihat apakah siswa menguasai materi bimbing atau tidak. Perilaku hasil berguru yang hendak dicapai siswa setelah melangsungkan kegiatan berguru mengajar inilah yang disebut tujuan pembelajaran.

Dalam kalimat lain, tujuan pembelajaran merupakan arah yang ingin dituju dari keseluruhan rangkaian acara pembelajaran. Disini kita sudah memahami bersama bahwa menyusun tujuan pembelajaran mengacu pada kompetensi dasar. Serta memperhatikan indikator pencapaian kompetensi.

Tapi, bagaimana cara merumuskan tujuan pembelajaran yang baik?

Menyusun tujuan pembelajaran yang baik dan lengkap cukup penting biar sanggup memberi petunjuk dalam pemilihan materi ajar, strategi, model, metode, serta media yang akan dipakai dalam KBM. Ada 4 (empat) unsur pokok yang perlu dicantumkan dalam perumusan tujuan pembelajaran, yang biasa disingkat dengan ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree).

1. Audience
Dalam konteks kegiatan berguru mengajar, yang dimaksud audience yaitu siswa. Meski secara bahasa audience artinya pendengar, tetapi audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Dengan demikian, perumusan tujuan pembelajaran harus menempatkan siswa sebagai sentra (subjek sekaligus objek) dalam pembelajaran.

2. Behavior
Behavior berarti tingkah laris / acara suatu proses. Dalam konteks KBM, behavior terlihat pada acara siswa dalam pembelajaran. Maka, mustahil pembelajaran dilakukan tanpa adanya tingkah laris atau acara dari siswa. Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior (aktivitas siswa) ditulis memakai kata kerja operasional (KKO), seperti: memahami, mendemonstrasikan, menelaah, menerapkan dan lain-lain. Penggunaan KKO dalam satu tujuan pembelajaran dihentikan lebih dari satu. Artinya dalam sebuah acara pembelajaran, siswa melaksanakan satu perbuatan. Dengan demikian, siswa lebih fokus pada satu perbuatan tersebut sehingga pembelajaran lebih optimal.

3. Condition
Condition berarti suatu keadaan. Dalam konteks KBM, condition yaitu keadaan siswa sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi biar hasil yang diperlukan sanggup tercapai. Perumusan condition yaitu dengan menjawab pertanyaan, “aktivitas apa yang dilakukan siswa biar hasil yang diperlukan sanggup tercapai? Condition ditulis dalam bentuk kata kerja. (untuk lebih jelasnya sanggup dilihat di pola bawah).

4. Degree
Degree berarti suatu perbandingan. Dalam konteks KBM, degree berarti membandingkan kondisi sebelum dan setelah belajar. Tingkat degree berbeda-beda bergantung pada bobot materi yang akan dipelajari, serta sejauh mana siswa harus menguasai suatu materi atau menandakan suatu perubahan tingkah laku.

Untuk lebih jelasnya, inilah pola tujuan pembelajaran yang baik:

a. Dengan mengamati gambar, siswa sanggup membedakan gambar komik dan bukan gambar komik dengan benar.

  • dengan mengamati gambar = condition
  • siswa = audience
  • dapat membedakan gambar komik dan bukan gambar komik = behavior
  • dengan benar = degree

b. Melalui pengamatan video, siswa sanggup memilih dampak interaksi insan dengan lingkungan terhadap pembangunan sosial denga tepat.

  • melalui pengamatan video = condition
  • siswa = audience
  • dapat memilih dampak interaksi insan dengan lingkungan terhadap pembangunan sosial = behavior
  • dengan sempurna = degree

c. Siswa sanggup memberikan argumentasi manfaat persatuan dan kesatuan antar masyarakat di tempat tempat tinggal dengan bahasa yang komunikatif melalui presentasi hasil diskusi kelompok.

  • siswa= audience
  • dapat memberikan argumentasi manfaat persatuan dan kesatuan antar masyarakat di tempat tempat tinggal = behavior
  • dengan bahasa yang komunikatif = degree
  • melalui presentasi hasil diskusi kelompok = condition

Itulah sedikit uraian wacana cara merumuskan tujuan pembelajaran yang baik. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Bagaimana Merumuskan Tujuan Pembelajaran Yang Baik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel