✔ Aliran Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2019

Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila menurut Surat Keputusan Presiden No 153 tahun 1967. Penetapan tanggal ini tentunya berafiliasi dengan kejadian pemberontakan G30S/PKI yang ingin melawan ideologi Pancasila.

Tanggal 1 Oktober 1965 dipandang mempunyai ciri dan corak yang khusus sebagai suatu hari untuk lebih mempertebal dan meresapkan dogma akan kebenaran serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang sanggup mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 ini mengambil tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Kita juga dihimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang (tanggal 30 September 2018) dilanjutkan mengibarkan bendera satu tiang penuh (tanggal 1 Oktober mulai pukul 06.00 WIB).

Kemudian sempurna hari Selasa, 1 Oktober 2019, segenap instansi pemerintah diinstruksikan untuk menyelenggarakan upacara bendera, termasuk sekolah-sekolah dan kampus baik negeri maupun swasta.

Baca juga : Doa Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Nah baru-baru ini, Kemdikbud telah merilis fatwa upacara yang dimaksud. Berikut ini susunan/urutan program pokok upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 untuk akademi tinggi dan sekolah (negeri dan swasta):

  1. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara
  2. Laporan Komandan Upacara, upacara siap
  3. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
  4. Pembacaan Teks Pancasila
  5. Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945
  6. Pembacaan Naskah Ikrar
  7. Pembacaan Naskah Doa
  8. Andhika Bhayangkari (menyesuaikan)
  9. Laporan Komandan Upacara, upacara selesai
  10. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara
  11. Upacara selesai

Sumber: Pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila.pdf

Demikian info yang sanggup kami bagikan berkenaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019. Semoga hari besar ini menjadi materi refleksi kita bersama untuk setia mengawal Pancasila sebagai ideologi bangsa kita Indonesia, serta kita selalu mengatakan sikap yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Salam..

Belum ada Komentar untuk "✔ Aliran Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel