✔ 5 Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Yang Harus Dipahami Guru

Jika anda yaitu guru yang sudah usang mengajar di SD, tentu sudah paham menyerupai apa karakteristik anak usia SD. Lain halnya jikalau anda guru gres atau bahkan masih akan mulai mengajar, niscaya timbul pertanyaan, menyerupai apa ya belum dewasa SD itu?

Terkadang, seorang guru gres akan mengernyitkan dahi di hari-hari pertamanya mengajar sebab terkejut melihat polah tingkah siswa. Beberapa perilaku siswa itu tidak menyerupai yang dibayangkan. Betapa guru gres ini harus memutar otak mencari cara yang paling sempurna semoga pembelajaran sanggup berjalan dengan baik sesuai dengan karakteristik siswanya.

Ya, memahami karakteristik siswa SD salah satunya bertujuan memudahkan guru dalam menentukan metode mengajar yang sempurna dalam pembelajaran. Tidak mungkin mengajar anak SD memakai metode yang bergotong-royong lebih cocok diterapkan untuk orang dewasa. Seperti lebih banyak ceramah dan sedikit ekspresif, maka cenderung menciptakan anak didik kita cepat bosan.

Baca juga : 9 Ciri Guru yang Baik dan Disukai Siswa

Nah, menyerupai apa karakateristik siswa SD secara umum? Berikut 5 diantaranya.

1. Senang bergerak

Siswa sekolah dasar sanggup duduk dengan hening maksimal sekitar 30 menit, sehabis itu mereka cenderung untuk melaksanakan gerakan-gerakan baik disadari maupun tidak. Dengan demikian, guru harus memfasilitasi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk bergerak bebas menyerupai bergerak sebagai bentuk ice breaking, mencoba, memeragakan, dan lain-lain.

2. Senang bermain

Siswa sekolah dasar akan termotivasi untuk berguru ketika pembelajaran difasilitasi dengan permainan sebab dunia mereka yaitu dunia bermain yang penuh kegembiraan. Guru harus memfasilitasi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk bermain yang relevan dengan bahan pembelajaran yang hendak dikuasai siswa.

3. Senang berimajinasi dan berkarya

Siswa sekolah dasar cenderung bahagia berimajinasi dan menciptakan sesuatu sesuai apa yang dibayangkannya. Guru harus memfasilitasi pembelajaran yang sanggup menyebarkan daya imajinasi dan kreativitas siswa, contohnya memfasilitasi siswa untuk menghasilkan sebuah karya yang relevan dengan bahan pembelajaran. Guru selalu mengklarifikasi hasil karya siswa contohnya wacana maksud dari karyanya dan memperlihatkan penghargaan terhadap hasil karya siswa.

4. Senang melaksanakan sesuatu secara langsung

Siswa sekolah dasar masih berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkret, sehingga bahan pembelajaran prosedural yang biasanya disampaikan oleh guru melalui ceramah akan sanggup lebih dipahami oleh siswa jikalau mereka sanggup mempraktikkan sendiri secara eksklusif bahan pembelajaran tersebut. Guru harus menjadi model ketika siswa mempraktikkan pengetahuan prosedural contohnya melalui demonstrasi sehingga siswa sanggup melakukannya dengan kondusif dan benar.

5. Senang bekerja dalam kelompok

Siswa sekolah dasar mulai intens bersosialisasi, mencari sahabat bermain, dan bermain bersama teman-temannya. Pembelajaran harus memfasilitasi siswa untuk bekerjasama, gotong royong, bekerja dalam kelompok contohnya dengan menerapkan pendekatan kooperatif sehingga siswa sanggup berguru banyak hal dari siswa lainnya.

Baca juga : Cara Unik Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah

Nah diantara kelima karakteristik di atas, mana paling yang cocok dengan siswa-siswi Bapak/Ibu di kelas? Tampaknya banyak yang sesuai. Tapi pertanyaan pentingnya, sudahkah metode mengajar yang kita terapkan ketika ini sudah mempertimbangkan karakteristik-karakteristik di atas?

Semoga artikel ini bermanfaat...

Belum ada Komentar untuk "✔ 5 Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Yang Harus Dipahami Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel