✔ Tipe-Tipe Berguru Berdasarkan Robert M. Gagne

Gagne menyusun tipe-tipe berguru berdasarkan hasil berguru yang diperoleh dan bukan proses berguru yang dilalui akseptor didik untuk mencapai hasil itu.  Selain itu, Gagne mencoba menempatkan delapan tipe berguru itu berada dalam suatu urutan hirakis, adalah tipe berguru yang satu menajdi dasar atau landasan tipe berguru berikutnya.  Dengan demikian, akseptor didik yang tidak menguasai tipe berguru yang terdahulu,  akan mengalami kesulitan dalam mengusai tipe berguru selanjutnya.  Selanjutnya Gagne menambahkan bahwa empat  tipe berguru pertama (nomor 1 s/d 4) kurang relevan untuk berguru di sekolah, sedangkan empat tipe kedua (nomor 5 s/d 8) lebih menonjolkan pada berguru kognitif yang memang ditonjolkan di sekolah. [7]  Untuk lebih jelasnya, kedelapan tipe berguru ini disajikan dalam tabel berikut: [8]
tipe berguru berdasarkan hasil berguru yang diperoleh dan bukan proses berguru yang dilalu ✔ Tipe-tipe Belajar berdasarkan Robert M. Gagne 
Dengan demikian, ada beberapa prinsip pembelajaran dari teori gagne, adalah antara lain berkaitan dengan:
  1. perhatian dan motivasi berguru akseptor didik,
  2. keaktifan berguru dan keterlibatan langsung/pengalaman dalam belajar,
  3. pengulangan belajar,
  4. tantangan semangat belajar,
  5. pemberian umpan balik dan penguatan belajar,
  6. adanya perbedaan individual dalam sikap belajar.
Selain itu Gagne juga mementingkan akan adanya penciptaan kondisi beljaar, termasuk lingkungan belajar, khususnya kondisi yang berbasis media, adalah mencakup jenis penyajian yang disampaikan kepada akseptor didik dengan penjadwalan, pengurutan dan pengorganisasian.

DAFTAR RUJUKAN
  • Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pebelajaran, Jakarta:Penerbit Kerjasama Pusat Perbukuan Depdiknas dan PT Rineka Cipta, 2002
  • Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta:Penerbit Prenada Media, 2004
  • Ratna Wilis Dahar, Teori-Teori Belajar, Bandung, IKIP Bandung, 1988
  • Suciati dan Irawan, Teori Belajar dan Motivasi, Jakarta:Depdiknas, Ditjen PT. PAUUT, 2001
  • Winkel, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta:Penerbit Media Abadi, 2005
[7] Winkel, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta:Penerbit Media Abadi, 2005: hal 100-101
[8] ibid, hal 102-103

Belum ada Komentar untuk "✔ Tipe-Tipe Berguru Berdasarkan Robert M. Gagne"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel