✔ Peranan Guru Dalam Kelas Kolaboratif

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, guru bertindak sebagai perantara (mediator)  dalam acara dan proses pembelajaran. Renven Fenerstein dan Lev Vygotsky memaknai  mediator sebagai fasilitator, model dan juru latih.

a) Fasilitator ( pemudah cara )
Fasilitator dalam perkara–perkara yang terlibat dalam mewujudkan lingkungan yang aktif dan kaya dengan idea baru, memberi ruang kepada bekerja secara kolaboratif dengan penyelesaian masalah, dan menyediakan banyak sekali kiprah bermakna bagi masa depan siswa.

b)  Pengatur kelas
Guru mengatur kelas dengan standar kelas kolaborasi.  Kelas kolaboratif dilengkapi dengan banyak sekali materi bacaan. Dalam kelas ditempatkan ruangan jurnal, majalah , buku–buku rujukan, surat kabar dan banyak sekali media lain yangoleh diakses siswa sebagai penghubung idea. Siswa bisa menjalankan  acara atau proyek untuk menjalankan eksperimennya.

c) Memberi kiprah pada siswa
Selain menyusun atur siswa dalam kelas, siswa juga diberi tugas  dan tanggungjawab masing–masing. Suasana kebergantungan ini dilihat bergerak seacara aktif dan bukan pasif demi keharmonian dan kebermaknaan, kelancaran proses pengajaran pembelajaran dalam kelas.  Pada suasana yang lain guru juga boleh melibatkan siswa dengan siswa yang lain (kelompok rekan sebaya) siswa dengan guru–guru yang lain (guru bimbingan konseling, guru eksktrakurikuler, dan  guru mata pelajaran ) dan lembaga orang renta murid (POM) serta pakar di bidang tertentu.
Tugas yang guru berikan mestilah menggalakkan banyak sekali arah jawaban. Tugas yang menjurus pada evaluasi tingkat tinggi ibarat menciptakan keputusan dan menuntaskan masalah. Tugas menggalakkan pelajar mengaitkan kepada keadaan yang sebenar, peristiwa, situasi yang sanggup dilihat dan dirasai oleh pelajar melalui banyak sekali penafsiran dan pengalaman sendiri.

d)  Manajemen dalam kelas
Guru juga sanggup melihat beberapa susunan sosial untuk memudahkan komunikasi dan kerjasama antara pelajar di dalam kelas.  Pada situasi ini,  guru menetapkan satu iklim kelas yang perlu dipatuhi bersama.  Seperti bertanya untuk penjelasan, beri peluang kepada semua menyumbang idea, menghargai pendapat yang berbeda dan termasuk juga menciptakan bantahan  dan menolak idea.

Referensi:
  1.     _____________. Vygosky. [on line]  http://www.learningandteching.info
  2. Fåhræus, E.R. (2006).Collaborative Learning through Forum Systems– Problems and Opportunities. [on line] http://www.dsv.su.se/ evafaahr
  3. Matthews, Roberta S.; Cooper, James L.; Davidson, Neil; Hawkes, Peter. Building bridges between cooperative and collaborative learning. [on line]  http://www.teachersrock.net
  4. Silberman, M. (1996).  Active Learning 101 Strategies to Teach Any Subject Mancussets:  Allyn and Bacoon
  5. http://yherlanti.wordpress.com/

Belum ada Komentar untuk "✔ Peranan Guru Dalam Kelas Kolaboratif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel