✔ Monitoring Dan Penilaian Dalam Supervisi Manajerial
Metode utama yang harus dilakukan oleh pengawas Sekolah dalam supervisi manajerial yaitu monitoring dan evaluasi.
1) Monitoring
Monitoring yaitu suatu acara untuk mengetahui perkembangan pelak-sanaan penyelenggaraan Sekolah, apakah sudah sesuai dengan rencana, program, dan/atau standar yang telah ditetapkan, serta menemukan hambatan-hambatan yang harus diatasi dalam pelaksanaan agenda (Rochiat, 2008: 115). Monitoring lebih berpusat pada pengontrolan selama agenda berjalan dan lebih bersifat klinis. Melalui monitoring, sanggup diperoleh umpan balik bagi Sekolah atau pihak lain yang terkait untuk menyukseskan ketercapaian tujuan. Aspek-aspek yang dicermati dalam monitoring yaitu hal-hal yang dikembangan dan dijalankan dalam Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Dalam melaksanakan monitoring ini tentunya pengawas harus melengkapi diri dengan parangkat atau daftar isian yang memuat seluruh indikator Sekolah yang harus diamati dan dinilai.
2) Evaluasi
Kegiatan penilaian untuk mengetahui sejauhmana kesuksesan pelaksanaan pe-nyelenggaraan Sekolah atau sejauhmana keberhasilan yang telah dicapai dalam masa waktu tertentu. Tujuan penilaian utamanya yaitu untuk (a) mengetahui tingkat keterlaksanaan program, (b) mengetahui keberhasilan program, (c) mendapat bahan/masukan dalam perencanaan tahun berikutnya, dan (d) memperlihatkan penilaian (judgement) terhadap Sekolah.
Belum ada Komentar untuk "✔ Monitoring Dan Penilaian Dalam Supervisi Manajerial"
Posting Komentar