✔ Fungsi Sarana Dan Prasarana Pendidikan
Ditinjau dari fungsinya terhadap proses berguru mengajar, prasarana pendidikan berfungsi tidak langsung. Yang termasuk di dalam prasarana pendidikan ialah tanah, halaman, pagar, tanaman, gedung/bangunan sekolah, jaringan jalan, air, telepon, serta perabot/mebiler. Sedangkan sarana pendidikan berfungsi eksklusif terhadap proses berguru mengajar, ibarat alat pelajaran, alat peraga dan media pendidikan (Gunawan, 1996:115).
Ketiga macam golongan tersebut akan diuraikan satu persatu menurut klasifikasinya masing-masing:
- Alat pelajaran ialah semya benda yang sanggup dipakai secara eksklusif oleh guru maupun murid dalam proses berguru mengajar, atau/alat benda yang dipergunakan secara eksklusif oleh guru maupun murid dalam proses berguru mengajar. Alat pelajaran sanggup berupa buku tulis, gambar-gambar, alat-alat tulis-menulis lain ibarat kapur, penghapus, dan papan tulis maupun alat-alat praktek, semuanya termasuk ke dalam lingkup alat pelajaran.
- Alat peraga ialah semua alat pembantu pendidikan dan pengajaran, baik berupa benda ataupun perbuatan dari yang tingkatnya paling kongkrit hingga yang paling aneh yang sanggup memepermudah dukungan pengertian (penyampaian konsep) kepada murid atau segala sesuatu yang dipakai guru untuk memperagakan atau memperjelas pelajaran.
- Media pendidikan ialah sarana pendidikan yang dipakai sebagai mediator di dalam proses berguru mengajar untuk lebih mempertinggi efektivitas dan efisiensi, tetapi sanggup pula sebagai pengganti peranan guru. Biasanya pembagian terstruktur mengenai media pendidikan didasarkan atas indera yang dipakai untuk menangkap isi dari bahan yang disampaikan dengan media tersebut. Dengan cara pengklasifikasian ini dibedakan atas:
• Media audio atau media dengar, yaitu media untuk pendengaran.
• Media visual atau media tampak, yaitu media untuk penglihatan.
• Media audio visual atau media tampak-dengar, yaitu media untuk indera pendengaran dan penglihatan.
• Media visual atau media tampak, yaitu media untuk penglihatan.
• Media audio visual atau media tampak-dengar, yaitu media untuk indera pendengaran dan penglihatan.
Menurut Suharsimi Arikunto yang dikutif oleh Suryosubroto (2004:114), ditinjau dari fungsi atau kiprahnya terhadap pelaksanaan proses berguru mengajar, maka sarana pendidikan (sarana material) dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
1) Alat pelajaran.
2) Alat peraga.
3) Media pengajaran.
Sumber:
1) Alat pelajaran.
2) Alat peraga.
3) Media pengajaran.
Sumber:
Gunawan, A.H. 1996. Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 115
Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 114
Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 114
Belum ada Komentar untuk "✔ Fungsi Sarana Dan Prasarana Pendidikan"
Posting Komentar