✔ Definisi Taktik Pembelajaran Berdasarkan Ahli
Definisi Strategi Pembelajaran Menurut Ahli - . Istilah taktik banyak dipakai dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan peperangan.
Dalam dunia pendidikan, taktik diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular education goal. Makara taktik pembelajaran sebagai sebuah perencanaan yang berisi perihal rangkaian acara yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Sanjaya, Wina (2007) contoh umum perbuatan guru-peserta didik di dalam perwujudan acara belajar-mengajar. Sifat contoh umum maksudnya macam dan urutan perbuatan yang dimaksud nampak dipergunakan dan/atau dipercayakan guru-peserta didik di dalam majemuk kejadian belajar. Sehingga taktik menunjuk kepada karakteristik ajaib rentetan perbuatan guru-peserta didik di dalam kejadian belajar-mengajar.
Kemp (1995): Mengemukakan bahwa taktik pembelajaran yaitu suatu acara pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa semoga tujuan pembelajaran sanggup dicapai secara efektif dan efisien.
Kozma (Sanjaya, 2007): Strategi pembelajaran sanggup diartikan sebagai yang dipilih, yaitu yang sanggup memperlihatkan kemudahan atau pertolongan kepada akseptor didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
Gerlach dan Ely (1990): Strategi merupakan cara-cara yang dipilih untuk memberikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Selanjutnya mereka menjabarkan bahwa taktik pembelajaran dimaksudkan mencakup sifat, lingkup, dan urutan acara pembelajaran yang sanggup memperlihatkan pengalaman berguru kepada akseptor didik.
Gropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1998): Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas banyak sekali jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laris yang diperlukan sanggup dicapai oleh akseptor didik dalam acara belajarnya harus sanggup dipraktekkan.
Dick dan Carey (1990 dalam Sanjaya, 2007): Strategi Pembelajaran terdiri atas seluruh komponen bahan pembelajaran dan mekanisme atau tahapan acara berguru yang dipakai oleh guru dalam rangka membantu akseptor didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya sebatas pada mekanisme atau tahapan acara berguru saja, melainkan termasuk juga pengaturan bahan atau paket jadwal pembelajaran yang akan disampaikan kepada akseptor didik.
Dick dan Carey (1990 dalam Sanjaya, 2007): Strategi Pembelajaran terdiri atas seluruh komponen bahan pembelajaran dan mekanisme atau tahapan acara berguru yang dipakai oleh guru dalam rangka membantu akseptor didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya sebatas pada mekanisme atau tahapan acara berguru saja, melainkan termasuk juga pengaturan bahan atau paket jadwal pembelajaran yang akan disampaikan kepada akseptor didik.
Raka Joni (1980): Pola umum perbuatan guru siswa didalam perwujudan acara belajar-mengajar yang menunjuk kepada karakteristik ajaib dari pada rentetan perbuatan guru-siswa tersebut.
J. R David (Wina Senjaya, 2008): Dalam taktik pembelajaran terkandung makna perencanaan. Strategi pembelajaran sanggup diartikan sebagai perencanaan yang berisi perihal rangkaian acara yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Miarso (2004) dalam Bukunya Warsita (2008: 266): Strategi pembelajaran yaitu suatu kondisi yang diciptakan oleh guru dengan sengaja semoga akseptor difasilitasi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Sadiman, dkk (1986) dalam bukunya Warsita (2008: 266): Strategi pembelajaran yaitu usaha-usaha yang bersiklus dalam memanipulasi sumber-sumber berguru semoga terjadi proses berguru dalam diri akseptor didik.
Alim Sumarno (2011): Strategi pembelajaran sanggup diartikan sebagai acara yang dipilih oleh pembelajar atau pelatih dalam proses pembelajaran yang sanggup memperlihatkan kemudahan kemudahan kepada pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1995): Strategi pembelajaran yaitu sebagai pola-pola umum acara akseptor didik dalam mewujudkan acara berguru untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Alim Sumarno (2011): Strategi pembelajaran sanggup diartikan sebagai acara yang dipilih oleh pembelajar atau pelatih dalam proses pembelajaran yang sanggup memperlihatkan kemudahan kemudahan kepada pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1995): Strategi pembelajaran yaitu sebagai pola-pola umum acara akseptor didik dalam mewujudkan acara berguru untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
A.J. Romiszowski (1981): Berpendapat bahwa taktik pembelajaran yaitu suatu pandangan umum perihal rangkaian tindakan yang disesuaikan dari perintah-perintah terpilih untuk metode pembelajaran.
Sumber:
- Ngalimun, dkk. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
- http://bugurumalas.blogspot.com
Belum ada Komentar untuk "✔ Definisi Taktik Pembelajaran Berdasarkan Ahli"
Posting Komentar