✔ Ruang Lingkup Penilaian Keberhasilan Kepala Sekolah
Ruang Lingkup Evaluasi Keberhasilan Kepala Sekolah - . Secara global atau garis besarnya untuk melakukan tugasnya seorang pimpinan sekolah. Seorang kepala sekolah harus mempunyai 3 kemampuan. Pertama seorang kepala sekolah harus mempunyai kepribadian yang baik, kedua harus mempunyai kemampuan di bidang profesinya, ketiga seorang kepala sekolah harus mengadakan relasi sosial (Human Relation Ship).
Kepala sekolah sebagai direktur memegang peranan yang memilih dalam mensukseskan aktivitas supervisi pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Ia merupakan penentu bagi kelancaran atau kemacetan perwujudan aktivitas supervisi di sekolah yang dipimpinnya. Evaluasi terhadap keberhasilan kepala sekolah mengenai segi-segi personalitas, profesional, dan sosial. Masing-masing aspek tersebut di atas sanggup dirinci lagi sehingga sanggup merekam segala kepala sekolah. Rincian tersebut antara lain:
1. Aspek Personal
a. Penampilan sehari-hari
1) Apakah beliau kelihatan sehat
2) Apakah penampilannya menarik
3) Bagaimanakah ekspresinya
4) Apakah selalu berpakaian rapi
5) Apakah berpakaian bersih
6) Apakah humoris.
b. Cara Berbicara dan Berinisiatif
1) Apakah percakapannya gampang didengar
2) Apakah bicara dengan gramatikan yang benar.
3) Apakah bisa mengemukakan ide.
4) Apakah selalu berinisiatif.
c. Keseimbangan Emosi
1) Apakah selalu bertindak.
2) Apakah memepertimbangkan jikalau akan mendapatkan kritik.
3) Apakah gampang tersinggung.
4) Apakah beliau perasa.
5) Apakah mempunyai ketenangan sikap.
d. Keramah-tamahan
1) Apakah mengatakan perilaku sombong.
2) Apakah ramah tamah.
3) Apakah menghormati orang lain.
2. Aspek Sosial
a. Bagaimana relasi dengan tata usaha, kepala sekolah dengan guru, kepala sekolah dengan petugas
b. Bagaimana relasi dengan murid, relasi dengan orang renta murid
c. Bagaimana relasi kepala sekolah dengan masyarakat
d. Bagaimana relasi kepala sekolah dengan orang lain
e. Bagaimana relasi kepala sekolah dengan atasan (pemilik sekolah).
3. Aspek Profesional
a. Sebagai Supervisor
b. Sebagai Administrator
Kepala sekolah sebagai direktur memegang peranan yang memilih dalam mensukseskan aktivitas supervisi pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Ia merupakan penentu bagi kelancaran atau kemacetan perwujudan aktivitas supervisi di sekolah yang dipimpinnya. Evaluasi terhadap keberhasilan kepala sekolah mengenai segi-segi personalitas, profesional, dan sosial. Masing-masing aspek tersebut di atas sanggup dirinci lagi sehingga sanggup merekam segala kepala sekolah. Rincian tersebut antara lain:
1. Aspek Personal
a. Penampilan sehari-hari
1) Apakah beliau kelihatan sehat
2) Apakah penampilannya menarik
3) Bagaimanakah ekspresinya
4) Apakah selalu berpakaian rapi
5) Apakah berpakaian bersih
6) Apakah humoris.
b. Cara Berbicara dan Berinisiatif
1) Apakah percakapannya gampang didengar
2) Apakah bicara dengan gramatikan yang benar.
3) Apakah bisa mengemukakan ide.
4) Apakah selalu berinisiatif.
c. Keseimbangan Emosi
1) Apakah selalu bertindak.
2) Apakah memepertimbangkan jikalau akan mendapatkan kritik.
3) Apakah gampang tersinggung.
4) Apakah beliau perasa.
5) Apakah mempunyai ketenangan sikap.
d. Keramah-tamahan
1) Apakah mengatakan perilaku sombong.
2) Apakah ramah tamah.
3) Apakah menghormati orang lain.
2. Aspek Sosial
a. Bagaimana relasi dengan tata usaha, kepala sekolah dengan guru, kepala sekolah dengan petugas
b. Bagaimana relasi dengan murid, relasi dengan orang renta murid
c. Bagaimana relasi kepala sekolah dengan masyarakat
d. Bagaimana relasi kepala sekolah dengan orang lain
e. Bagaimana relasi kepala sekolah dengan atasan (pemilik sekolah).
3. Aspek Profesional
a. Sebagai Supervisor
b. Sebagai Administrator
Belum ada Komentar untuk "✔ Ruang Lingkup Penilaian Keberhasilan Kepala Sekolah"
Posting Komentar