✔ Memberdayakan Orang Lain
Memberdayakan Orang Lain - . Kebutuhan yang paling mendalam dari masing-masing orang yakni harga diri, merasa dianggap penting, bernilai, dan bermanfaat. Apa pun yang kita lakukan dalam interaksi dengan mereka, niscaya akan mempengaruhi harga diri mereka. Kita harus memiliki kerangka pola yang sangat sempurna untuk memilih segala sesuatu yang sanggup kita lakukan untuk mendorong harga diri mereka, dan kesudahannya juga memunculkan perasaan kekuatan langsung mereka. Berikanlah kepada mereka apa yang kita sukai bagi diri kita sendiri.
Tiga hal sederhana yang sanggup kita lakukan setiap hari untuk memberdayakan orang lain dan menciptakan mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri akan diuraikan di bawah ini.
1) Apresiasi (Appreciation)Mungkin hal paling sederhana untuk menciptakan orang lain merasa nyaman dengan dirinya sendiri yakni lisan kita yang berkesinambungan atas segala hal yang mereka lakukan, besar maupun kecil. Katakan “terima kasih” dalam setiap kesempatan yang sesuai.
Makin banyak kita mengucapkan terima kasih atas apa yang mereka lakukan untuk kita, makin banyak hal yang akan mereka lakukan. Setiap ketika kita berterima kasih pada mereka, kita telah menyebabkan mereka merasa lebih baik. Kita membangkitkan rasa harga diri mereka dan meningkatkan self-image mereka. Kita menciptakan mereka merasa dipentingkan. Kita menciptakan mereka merasa bahwa mereka berharga dan berguna. Kita telah memberdayakan mereka.
Bila kita menyebarkan perilaku penghargaan yang mengalir dengan lapang dada dari diri kita kedalam seluruh interaksi kita dengan orang lain, kita akan sangat terkejut dengan kenyataan mengenai betapa populernya kita dan betapa orang lain sangat berhasrat untuk membantu kita dalam melaksanakan apa pun yang kita kerjakan.
2) Pendekatan (Approach)
Cara kedua untuk menciptakan orang menjadi merasa dipentingkan, untuk meningkatkan harga diri mereka, dan memperlihatkan mereka rasa kekuatan dan berenergi yakni dengan banyak memakai kebanggaan dan pendekatan. Ken Blanchard (Brian, 2007) menyarankan untuk memperlihatkan “pujian satu menit” pada setiap kesempatan. Jika kita memperlihatkan kebanggaan dan pendekatan yang jujur dan lapang dada kepada orang lain atas prestasi mereka, besar maupun kecil, kita akan dikejutkan dengan kenyataan betapa banyaknya orang yang menyukai kita dan betapa banyaknya orang yang dengan sukarela mau membantu kita mencapai tujuan.
Ada aturan resiproksitas psikologis yang menyatakan “jika anda merasa baik wacana diri saya, maka saya akan menemukan cara untuk menciptakan anda merasa baik wacana diri anda”. Dengan perkataan lain, orang akan selalu mencari cara membalas kebaikan kita kepada mereka. Jika kita mencari setiap kesempatan untuk melaksanakan dan menyampaikan sesuatu yang menciptakan orang lain merasa nyaman wacana diri mereka, kita akan heran dengan tidak hanya bagaimana senangnya perasaan kita, tapi juga heran dengan hal-hal menakjubkan yang mulai terjadi di sekitar kita.
3) Perhatian (Atention)
Cara ketiga untuk memberdayakan orang lain, membangun harga diri, dan menciptakan mereka merasa penting yakni memperlihatkan perhatian penuh terhadap mereka ketika mereka bicara. Sebagian besar orang sangat disibukkan dengan perjuangan untuk didengar, yang menciptakan mereka jadi tidak sabar ketika orang lain bicara. Ingatlah, satu acara paling penting yang harus dilakukan dari waktu ke waktu yakni mendengarkan secara sungguh-sungguh terhadap orang lain ketika mereka berbicara atau mengeksresikan diri.
Tiga hal sederhana yang sanggup kita lakukan setiap hari untuk memberdayakan orang lain dan menciptakan mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri akan diuraikan di bawah ini.
1) Apresiasi (Appreciation)Mungkin hal paling sederhana untuk menciptakan orang lain merasa nyaman dengan dirinya sendiri yakni lisan kita yang berkesinambungan atas segala hal yang mereka lakukan, besar maupun kecil. Katakan “terima kasih” dalam setiap kesempatan yang sesuai.
Makin banyak kita mengucapkan terima kasih atas apa yang mereka lakukan untuk kita, makin banyak hal yang akan mereka lakukan. Setiap ketika kita berterima kasih pada mereka, kita telah menyebabkan mereka merasa lebih baik. Kita membangkitkan rasa harga diri mereka dan meningkatkan self-image mereka. Kita menciptakan mereka merasa dipentingkan. Kita menciptakan mereka merasa bahwa mereka berharga dan berguna. Kita telah memberdayakan mereka.
Bila kita menyebarkan perilaku penghargaan yang mengalir dengan lapang dada dari diri kita kedalam seluruh interaksi kita dengan orang lain, kita akan sangat terkejut dengan kenyataan mengenai betapa populernya kita dan betapa orang lain sangat berhasrat untuk membantu kita dalam melaksanakan apa pun yang kita kerjakan.
2) Pendekatan (Approach)
Cara kedua untuk menciptakan orang menjadi merasa dipentingkan, untuk meningkatkan harga diri mereka, dan memperlihatkan mereka rasa kekuatan dan berenergi yakni dengan banyak memakai kebanggaan dan pendekatan. Ken Blanchard (Brian, 2007) menyarankan untuk memperlihatkan “pujian satu menit” pada setiap kesempatan. Jika kita memperlihatkan kebanggaan dan pendekatan yang jujur dan lapang dada kepada orang lain atas prestasi mereka, besar maupun kecil, kita akan dikejutkan dengan kenyataan betapa banyaknya orang yang menyukai kita dan betapa banyaknya orang yang dengan sukarela mau membantu kita mencapai tujuan.
Ada aturan resiproksitas psikologis yang menyatakan “jika anda merasa baik wacana diri saya, maka saya akan menemukan cara untuk menciptakan anda merasa baik wacana diri anda”. Dengan perkataan lain, orang akan selalu mencari cara membalas kebaikan kita kepada mereka. Jika kita mencari setiap kesempatan untuk melaksanakan dan menyampaikan sesuatu yang menciptakan orang lain merasa nyaman wacana diri mereka, kita akan heran dengan tidak hanya bagaimana senangnya perasaan kita, tapi juga heran dengan hal-hal menakjubkan yang mulai terjadi di sekitar kita.
3) Perhatian (Atention)
Cara ketiga untuk memberdayakan orang lain, membangun harga diri, dan menciptakan mereka merasa penting yakni memperlihatkan perhatian penuh terhadap mereka ketika mereka bicara. Sebagian besar orang sangat disibukkan dengan perjuangan untuk didengar, yang menciptakan mereka jadi tidak sabar ketika orang lain bicara. Ingatlah, satu acara paling penting yang harus dilakukan dari waktu ke waktu yakni mendengarkan secara sungguh-sungguh terhadap orang lain ketika mereka berbicara atau mengeksresikan diri.
Belum ada Komentar untuk "✔ Memberdayakan Orang Lain"
Posting Komentar