✔ Tujuan Pembelajaran Ips

| Tujuan utama Ilmu Pengetahuan Sosial adalah untuk membuatkan potensi peserta didik supaya peka terhadap kasus sosial yang terjadi di masya-rakat, mempunyai perilaku mental nyata terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap kasus yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.

Tujuan tersebut sanggup dicapai manakala program-program pembelajaran IPS di sekolah diorganisasikan secara baik. Dari rumusan tujuan tersebut sanggup dirinci sebagai berikut (Awan Mutakin, 1998).

  1. Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
  2. Mengetahui dan memahami konsep dasar dan bisa memakai metode yang diubahsuaikan dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian sanggup dipakai untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
  3. Mampu memakai model-model dan proses berpikir serta menciptakan keputusan untuk menuntaskan warta dan kasus yang berkembang di masyarakat.
  4. Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta bisa menciptakan analisis yang kritis, selanjutnya bisa mengambil tindakan yang tepat.
  5. Mampu membuatkan aneka macam potensi sehingga bisa membangun diri sendiri supaya survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat. pengembangan keterampilan pembuatan keputusan.
  6. Memotivasi seseorang untuk bertindak menurut moral.
  7. Fasilitator di dalam suatu lingkungan yang terbuka dan tidak bersifat menghakimi.
  8. Mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang baik dalam kehidupan-nya “to prepare students to be well-functioning citizens in a democratic society’ dan membuatkan kemampuan siswa mengunakan kecerdikan budi dalam mengambil keputusan pada setiap dilema yang dihadapinya.
  9. Menekankan perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap bahan Pembelajaran IPS yang diberikan. 

Di samping itu juga bertujuan bagaimana perilaku siswa terhadap pelajaran berupa: penerimaan, balasan atau sambutan, penghargaan, pengorganisasian, karakteristik nilai, dan menceritakan.

Sumber:
Anonim. 2008. Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Belum ada Komentar untuk "✔ Tujuan Pembelajaran Ips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel