✔ Tujuan Pembelajaran Ips
| Tujuan utama Ilmu Pengetahuan Sosial adalah untuk membuatkan potensi peserta didik supaya peka terhadap kasus sosial yang terjadi di masya-rakat, mempunyai perilaku mental nyata terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap kasus yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.
Tujuan tersebut sanggup dicapai manakala program-program pembelajaran IPS di sekolah diorganisasikan secara baik. Dari rumusan tujuan tersebut sanggup dirinci sebagai berikut (Awan Mutakin, 1998).
Di samping itu juga bertujuan bagaimana perilaku siswa terhadap pelajaran berupa: penerimaan, balasan atau sambutan, penghargaan, pengorganisasian, karakteristik nilai, dan menceritakan.
Sumber:
Anonim. 2008. Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Tujuan tersebut sanggup dicapai manakala program-program pembelajaran IPS di sekolah diorganisasikan secara baik. Dari rumusan tujuan tersebut sanggup dirinci sebagai berikut (Awan Mutakin, 1998).
- Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
- Mengetahui dan memahami konsep dasar dan bisa memakai metode yang diubahsuaikan dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian sanggup dipakai untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
- Mampu memakai model-model dan proses berpikir serta menciptakan keputusan untuk menuntaskan warta dan kasus yang berkembang di masyarakat.
- Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta bisa menciptakan analisis yang kritis, selanjutnya bisa mengambil tindakan yang tepat.
- Mampu membuatkan aneka macam potensi sehingga bisa membangun diri sendiri supaya survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat. pengembangan keterampilan pembuatan keputusan.
- Memotivasi seseorang untuk bertindak menurut moral.
- Fasilitator di dalam suatu lingkungan yang terbuka dan tidak bersifat menghakimi.
- Mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang baik dalam kehidupan-nya “to prepare students to be well-functioning citizens in a democratic society’ dan membuatkan kemampuan siswa mengunakan kecerdikan budi dalam mengambil keputusan pada setiap dilema yang dihadapinya.
- Menekankan perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap bahan Pembelajaran IPS yang diberikan.
Di samping itu juga bertujuan bagaimana perilaku siswa terhadap pelajaran berupa: penerimaan, balasan atau sambutan, penghargaan, pengorganisasian, karakteristik nilai, dan menceritakan.
Sumber:
Anonim. 2008. Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Belum ada Komentar untuk "✔ Tujuan Pembelajaran Ips"
Posting Komentar