✔ Model Pembelajaran Terpadu Dalam Ips

| Pendekatan pembelajaran terpadu dalam IPS sering disebut dengan pen-dekatan interdisipliner. Model pembelajaran terpadu pada hakikatnya meru-pakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan penerima didik baik se-cara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik (Depdikbud, 1996: 3). Salah satu di antaranya ialah memadukan Kompetensi Dasar. Melalui pembelajaran terpadu penerima didik sanggup memperoleh pengalaman langsung, sehing-ga sanggup menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan memproduk-si kesan-kesan ihwal hal-hal yang dipelajarinya. Dengan demikian, penerima didik terlatih untuk sanggup menemukan sendiri banyak sekali konsep yang dipelajari.

Pada pendekatan pembelajaran terpadu, kegiatan pembelajaran disusun dari banyak sekali cabang ilmu dalam rumpun ilmu sosial. Pengembangan pembelajaran terpadu, dalam hal ini, sanggup mengambil suatu topik dari suatu cabang ilmu tertentu, kemudian dilengkapi, dibahas, diperluas, dan diperdalam dengan cabang-cabang ilmu yang lain. Topik/tema sanggup dikembangkan dari isu, peristiwa, dan permasalahan yang berkembang. Bisa membentuk permasalahan yang sanggup dilihat dan dipecahkan dari banyak sekali disiplin atau sudut pandang, contohnya banjir, pemukiman kumuh, potensi pariwisata, IPTEK, mobilitas sosial, modernisasi, revolusi yang dibahas dari banyak sekali disiplin ilmu-ilmu sosial.

1.  Model Integrasi Berdasarkan Topik
Dalam pembelajaran IPS keterpaduan sanggup dilakukan menurut to-pik yang terkait, contohnya ‘Kegiatan ekonomi penduduk’. Kegiatan ekonomi penduduk dalam pola yang dikembangkan ditinjau dari banyak sekali disiplin ilmu yang tercakup dalam IPS. Kegiatan ekonomi penduduk dalam hal ini di-tinjau dari persebaran dan kondisi fisik-geografis yang tercakup dalam disi-plin Geografi.

Secara sosiologis, Kegiatan ekonomi penduduk sanggup mempengaruhi interaksi sosial di masyarakat atau sebaliknya. Secara historis dari waktu ke waktu kegiatan ekonomi penduduk selalu mengalami perubahan. Selanjutnya penguasaan konsep ihwal jenis-jenis kegiatan ekonomi hingga pada taraf bisa menumbuhkan krteatifitas dan kemandirian dalam melaksanakan tindakan ekonomi sanggup dikembangkan melalui kompetensi yang berkaitan dengan ekonomi.

Skema berikut menawarkan citra keterkaitan suatu topik/tema de-ngan banyak sekali disiplin ilmu.
2. Model Integrasi Berdasarkan Potensi Utama
Keterpaduan IPS sanggup dikembangkan melalui topik yang didasarkan pada potensi utama yang ada di wilayah setempat; sebagai contoh, “Potensi Bali Sebagai Daerah Tujuan Wisata”. Dalam pembelajaran yang dikembang-
kan dalam Kebudayaan Bali dikaji dan ditinjau dari faktor alam, historis kro-nologis dan kausalitas, serta sikap masyarakat terhadap aturan. Melalui ka-jian potensi utama yang terdapat di daerahnya, maka penerima didik selain da-pat memahami kondisi wilayahnya juga sekaligus memahami Kompetensi Da-sar yang terdapat pada beberapa disiplin yang tergabung dalam IPS .
3.  Model Integrasi Berdasarkan Permasalahan
Model pembelajaran terpadu pada IPS yang lainnya ialah menurut permasalahan yang ada, contohnya ialah “Pemukiman Kumuh”. Pada pem-belajaran terpadu, Pemukiman Kumuh ditinjau dari beberapa faktor sosial yang mempengaruhinya. Di antaranya ialah faktor ekonomi, sosial, dan bu-daya. Juga sanggup dari faktor historis kronologis dan kausalitas, serta sikap masyarakat terhadap aturan/norma.

Sumber:
Anonim. 2008. Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Terpadu Dalam Ips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel