✔ Pengertian Pengorganisasian Dan Organisasi

| Pengorganisasian berdasarkan Handoko (2003) ialah 1) penentuan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi; 2) proses perancangan dan pengembangan suatu organisasi yang akan sanggup membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan; 3) penugasan tanggung jawab tertentu; 4) pendelegasian wewenang yang dibutuhkan kepada individu-individu untuk melakukan tugas-tugasnya. Ditambahkan pula oleh Handoko (2003) pengorganisasian ialah pengaturan kerja bersama sumber daya keuangan, fisik dan insan dalam organisasi. Pengorganisasian merupakan penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumber daya yang dimilikinya, dan lingkungan yang melingkupinya.

Istilah pengorganisasian berdasarkan Handoko (2003) yaitu 1) cara administrasi merancang struktur formal untuk penggunaan yang paling efektif terhadap sumber daya keuangan, fisik, materi baku, dan tenaga kerja organisasi; 2) bagaimana organisasi mengelompokkan kegiatannya, di mana setiap pengelompokan diikuti penugasan seorang manajer yang diberi wewenang mengawasi anggota kelompok; 3) kekerabatan antara fungsi, jabatan, kiprah karyawan; 4) cara manajer membagi kiprah yang harus dilaksanakan dalam departemen dan mendelegasikan wewenang untuk mengerjakan kiprah tersebut.

Mooney, seorang direktur General Motors dalam bukunya The Principles of Organization (1947) mendefinisikan organisasi sebagai kelompok dua orang atau lebih yang bergabung untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk merancang organisasi perlu memperhatikan empat prinsip, yaitu (1) koordinasi , (2) skalar, (3) fungsional, dan (4) staf.

Organisasi berasal dari bahasa Latin, organum yang berarti alat, bagian; anggota badan.

Organisasi berdasarkan Weber (1968) dalam Stoner & Freeman (1995) yaitu struktur birokrasi. Organisasi berdasarkan pendapat Wendrich, et al. (1988) yaitu proses mendesain kegiatan-kegiatan dalam struktur organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sedangkan Sutarto (1995) mendefinisikan organisasi sebagai kumpulan orang, proses pembagian kerja, dan sistem kolaborasi atau sistem sosial. Jones (1995) mendefinisikan organisasi sebagai respons terhadap makna nilai-nilai kreatif untuk memuaskan kebutuhan manusia. Organisasi berdasarkan Griffin & Morhead (1996) ialah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Akhirnya, organisasi berdasarkan Barnard (Anonim, 2000) yaitu suatu sistem kegiatan yang dikoordinasikan secara sadar oleh dua orang atau lebih.

Meskipun para andal administrasi menawarkan definisi berbeda-beda wacana organisasi, namun intisarinya sama yaitu bahwa organisasi merupakan proses kolaborasi dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Definisi ini bersifat umum dan berlaku bagi semua organisasi termasuk organisasi pendidikan.

Berdasarkan banyak sekali pendapat wacana organisasi di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa yang disebut organisasi ialah proses kolaborasi dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Jadi, dalam setiap organisasi terkandung tiga unsur, yaitu (1) kerja sama, (2) dua orang atau lebih, dan (3) tujuan yang hendak dicapai.

Berkaitan dengan istilah organisasi, dalam beberapa literatur sering kita jumpai istilah teori organisasi (organization theory), sikap organisasi (organization behavior), pengembangan organisasi (organization development), dan pengembangan sumber daya manusia/SDM (human resources development).

Perbedaan antara teori organisasi dengan sikap organisasi ialah teori organisasi merupakan teori makro, sedangkan sikap organisasi merupakan teori mikro. Perbedaan antara pengembangan organisasi dengan pengembangan SDM ialah pengembangan organisasi merupakan praktik makro, sedangkan pengembangan SDM merupakan praktik mikro.

Perbedaan antara teori organisasi dengan pengembangan organisasi ialah teori organisasi merupakan teori makro, sedangkan pengembangan organisasi merupakan praktik makro. Perbedaan antara sikap organisasi dengan pengembangan SDM ialah sikap organisasi merupakan teori mikro, sedangkan pengembangan SDM merupakan praktik mikro. Teori terbaru wacana teori organisasi, berdasarkan Brown (1998) sebagai kultur organisasi.

Perbedaan keempat istilah tersebut sanggup digambarkan menyerupai berikut.
 penentuan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi ✔ Pengertian Pengorganisasian dan Organisasi

Sumber:
Usman, Husaini. 2011. Manajemen: Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Hal.146-147.

Keyword terkait:
pengorganisasian dalam manajemen, pengorganisasian dan struktur organisasi, pengorganisasian dan organisasi.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Pengorganisasian Dan Organisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel