✔ Pelaksanaan Proses Pembelajaran Dalam Kelas

Di muka telah dijelaskan, bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Dengan demikian, dalam pelak-sanaan proses pembelajaran di dalam kelas, guru perlu mengaktipkan siswa secara optimal. Inilah yang kemudian penulis istilahkan sebagai Pembelajar-an

Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS)
Dalam acara berguru mengajar PBAS diwujudkan dalam banyak sekali bentuk acara menyerupai mendengarkan, berdiskusi, memproduksi sesuatu, menyusun laporan, memecahkan problem dan lain sebagainya. Keaktifan sis-wa itu ada yang secara pribadi sanggup diamati, menyerupai mengerjakan tugas, berdiskusi, mengumpulkan data dan lain sebagainya; akan tetapi juga ada yang tidak bisa diamati, menyerupai acara mendengarkan dan menyimak. Ka-dar PBAS tidak hanya ditentukan oleh aktifitas fisik semata, akan tetapi juga ditentukan oleh aktifitas non-fisik menyerupai mental, intelektual dan emosional. Oleh alasannya ialah itu bergotong-royong aktif dan tidak aktifnya siswa dalam berguru hanya siswa yang mengetahuinya secara pasti. Kita tidak sanggup memastikan bahwa siswa yang membisu mendengarkan klarifikasi tidak berarti tidak PBAS; demiki-an juga sebaliknya belum tentu siswa yang secara fisik aktif mempunyai kadar aktifitas mental yang tinggi pula.

Namun demikian, salah satu hal yang sanggup kita lakukan untuk menge-tahui Apakah suatu proses pembelajaran mempunyai kadar PBAS yang tinggi, sedang atau lemah, sanggup kita lihat dari kriteria penerapan PBAS dalam pro-ses pembelajaran. Kriteria tersebut menggambarkan sejauhmana keterlibatan siswa dalam pembelajaran baik dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran maupun dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Semakin sis-wa terlibat dalam ketiga aspek tersebut, maka kadar PBAS semakin tinggi.

a.  Kadar PBAS Dilihat dari Proses Perencanaan.
1)    Adanya keterlibatan siswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta pengalaman dan mo-tivasi yang dimiliki sebagai materi pertimbangan dalam menentukan acara pembelajaran.
2)    Adanya keterlibatan siswa dalam menyusun rancangan pembelajaran.
3)    Adanya keterlibatan siswa dalam menentukan dan menentukan sumber berguru yang diperlukan.
4)    Adanya keterlibatan siswa dalam menentukan dan mengadakan media pembelajaran yang akan digunakan.

b.   Kadar PBAS Dilihat dari Proses Pembelajaran
1)    Adanya keterlibatan siswa baik secara fisik, mental-emosional mau pun intelektual dalam setiap proses pembelajaran. Hal ini sanggup dili-hat dari tingginya perhatian, serta motivasi siswa untuk menyelesai-kan setiap tu-gas yang diberikan sesuai dengan waktu yang telah di-tentukan.
2)    Siswa berguru secara pribadi (experiential learning). Dalam proses pembelajaran secara langsung, konsep dan prinsip diberikan melalui pengalaman kasatmata menyerupai merasakan, meraba, mengoperasikan, mela-kukan sendiri dan lain sebagainya. Demikian juga pengalaman itu bi-sa dilakukan dalam bentuk kerjasama dan interaksi dalam kelompok.
3)    Adanya impian siswa untuk menciptaklan iklim berguru yang kondu-sif.
4)    Keterlibatan siswa dalam mencari dan memanfaatkan setiap sumber berguru yang tersedia yang dianggap relevan dengan tujuan pembela-jaran.
5)    Adanya ketertlibatan siswa dalam melaksanakan prakarsa menyerupai menja-wab
6)    dan mengajukan pertanyaan, berusaha memecahkan problem yang di-ajukan atau yang timbul selama proses pembelajaran berlangsung.
7)    Terjadinya interaksi yang multi arah baik antara siswa dengan siswa atau antara guru dan siswa. Interaksi ini juga ditandai dengan keterli-batan semua siswa secara merata. Artinya pembicaraan atau proses tanya jawab tidak didominasi oleh siswa-siswa tertentu.

c.   Kadar PBAS Ditinjau dari Kegiatan Evaluasi Pembelajaran
1)    Adanya keterlibatan siswa untuk mengevaluasi sendiri hasil pembela-jaran yang telah dilakukannya.
2)    Kerterlibatan siswa secara sanggup bangun diatas kaki sendiri untuk melaksanakan acara se-macam tes dan tugas-tugas yang harus dikerjakannya.
Kemauan siswa untuk menyusun laporan baik tertulis maupun secara verbal berkenaan hasil berguru yang diperolehnya.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pelaksanaan Proses Pembelajaran Dalam Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel