✔ Pelaksanaan Eksperimen Di Laboratorium
a. Pengertian
Eksperimen yakni cara penyajian pelajaran di mana siswa melaksanakan percobaan dengan mengalami dan pertanda sendiri sesuatu yang dipelajari. Dalam proses pembelajaran melalui eksperimen siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melaksanakan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, pertanda dan menarik kesimpulan sendiri ihwal suatu objek, keadaan atau proses tertentu.
b. Langkah-langkah Pelaksanaan
1) Persiapan Eksperimen
Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan dalam melaksanakan eksperimen, yakni:
a) Tentukan dan rumuskan tujuan eksperimen dengan terang dan terukur. Tujuan yang terang dan terukur, bukan hanya sanggup membangkitkan motivasi berguru siswa akan tetapi juga sanggup berfungsi sebagai petunjuk untuk melaksanakan eksperimen.
b) Persiapkan alat dan materi yang diharapkan untuk melaksanakan eksperimen. Kalau seandainya di sekolah materi dan alat yang diharapkan tidak sesuai dengan jumlah siswa, guru sanggup melaksanakan eksperimen dengan mengelompokkan siswa. Untuk alat dan materi yang mempunyai resiko tinggi, sis-wa perlu memahaminya dengan baik untuk menghindari kesalahan dalam penggunaannya. Untuk itu, sebaiknya pada setiap alat dan materi dirumus-kan cara dan mekanisme menggunakannya secara lengkap.
c) Memberikan klarifikasi secukupnya ihwal mekanisme atau langkah-lang-kah melaksanakan eksperimen. Guru perlu memahami benar bagaimana mekanisme melaksanakan suatu aktivitas eksperimen. Prosedur melaksanakan eksperimen sebaiknya disusun dalam bentuk pedoman sehingga sanggup dipelajari siswa.
d) Seandainya ada hal-hal khusus terdapat di laboratorium, siswa perlu memahaminya dengan benar. Oleh sebab itu di dalam laboratorium perlu ada petunjuk yang jelas, termasuk petunjuk ihwal mekanisme keselamatan kerja.
2) Pelaksanaan Eksperimen
Setelah semua dipersiapkan, termasuk apa yang seharusnya dilakukan siswa dalam mengadakan eksperimen, aktivitas selanjutnya siswa memulai pelaksanaan eksperimen. Ada beberapa hal sebagai petunjuk dalam melaksa-nakan pembelajaran melalui eksperimen.
a) Guru jangan terlalu terlibat dalam pelaksanaan ekspeimen. Biarkan siswa
b) memperoleh pengalamannya sendiri, mencari dan menemukan serta be-kerja sendiri. Seandainya ada kesulitan, guru tidak secara eksklusif me-mecahkan kesulitan tersebut, akan tetapi hanya memperlihatkan petunjuk-pe-tunjuk data pertolongan seperlunya.
c) Seandainya eksperimen dilakukan secara kelompok, guru harus mengatur semoga setiap orang sanggup terlibat. Biasanya eksperimen dilakukan oleh siswa yang berilmu saja, sedangkan siswa yang kurang cenderung pasif. Oleh sebab itu guru perlu mengatur susunan kelompok beserta tanggung jawab setiap kelompok.
d) Dalam setiap tahapan guru perlu melaksanakan kontrol. Hal ini dimaksudkan bukan hanya untuk mencek pelaksanaan eksperimen untuk menghin-dari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, akan tetapi juga untuk memperlihatkan pertolongan manakala diperlukan.
3) Tindak Lanjut
Tindak lanjut yakni aktivitas penutupan eksperimen. Ada beberapa hal yang sanggup dilakukan dalam aktivitas ini diantaranya:
a) Siswa mengusut segala peralatan yang dipakai dalam eksperimen, kemudian mnyimpannya menyerupai posisi semula.
b) Siswa melaporkan hasil eksperimen kepada guru untuk dianalisis, kemudian diberikan umpan balik.
c) Secara gotong royong siswa mendiskusikan temuan-temuan atau masalah-masalah yang muncul dari hasil kerjanya.
c. Pembelajaran melalui Demonstrasi
1) Pengertian
Demonstrasi yakni proses pembelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa ihwal suatu proses, situasi atau benda ter-tentu, baik bahwasanya atau hanya sekedar tiruan. Sebagai metode penyajian, demonstrasi tidak terlepas dari klarifikasi secara ekspresi oleh guru. Walaupun dalam proses demonstrasi, kiprah siswa hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi demonstrasi sanggup menyajikan materi pelajaran lebih kongkret. Dalam seni administrasi pembelajaran demonstrasi sanggup dipakai untuk mendukung keber-hasilan seni administrasi pembelajaran ekspositori dan inkuiri.
2) Langkah-langkah Pelaksanaan Demonstrasi
a) Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ada beberapa hal yang harus dilakukan:
(1) Rumuskan tujuan yang harus dicapai oleh siswa sehabis proses demonstrasi berakhir. Tujuan ini mencakup beberapa aspek menyerupai aspek penge-tahuan, sikap, atau keterampilan tertentu.
(2) Persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan. Garis-garis besar lagkah dmonstrasi diharapkan sebagai pandu-an untuk menghindari kegagalan.
(3) Lakukan uji coba demonstrasi. Uji coba mencakup segala peralatan yang diperlukan.
b) Tahap Pelaksanaan
(1) Pembukaan
Sebelum demonstrasi dilakukan ada beberapa hal yang harus diperhati-kan, diantaranya:
(a) Aturlah kawasan duduk yang memungkinkan semua siswa sanggup memperhatikan dengan terang apa yang didemonstrasikan.
(b) Kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa
(c) Kemukakan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa, contohnya siswa ditugaskan untuk mencatat hal-hal yang dianggap penting dari pelaksanaan demonstrasi.
(2) Pelaksanaan Demonstrasi
Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsng siswa untuk berpikir, contohnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang mengandung teka-teki sehingga mendorong siswa untuk tertarik memperhatikan demonstrasi.
(a) Ciptakan suasana yang menyejukkan dengan menghindari suasana yang menegangkan
(b) Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonnstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa.
(c) Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi itu.
(3) Langkah Mengakhiri Demonstrasi
Apabila demonstrasi selesai dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memperlihatkan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini diharapkan untuk meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi itu atau tidak. Selain memperlihatkan kiprah yang relevan, ada bainya guru dan siswa melaksanakan penilaian bersama ihwal jalannya proses demonstrasi itu untuk perbaikan selanjutnya.
Eksperimen yakni cara penyajian pelajaran di mana siswa melaksanakan percobaan dengan mengalami dan pertanda sendiri sesuatu yang dipelajari. Dalam proses pembelajaran melalui eksperimen siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melaksanakan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, pertanda dan menarik kesimpulan sendiri ihwal suatu objek, keadaan atau proses tertentu.
b. Langkah-langkah Pelaksanaan
1) Persiapan Eksperimen
Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan dalam melaksanakan eksperimen, yakni:
a) Tentukan dan rumuskan tujuan eksperimen dengan terang dan terukur. Tujuan yang terang dan terukur, bukan hanya sanggup membangkitkan motivasi berguru siswa akan tetapi juga sanggup berfungsi sebagai petunjuk untuk melaksanakan eksperimen.
b) Persiapkan alat dan materi yang diharapkan untuk melaksanakan eksperimen. Kalau seandainya di sekolah materi dan alat yang diharapkan tidak sesuai dengan jumlah siswa, guru sanggup melaksanakan eksperimen dengan mengelompokkan siswa. Untuk alat dan materi yang mempunyai resiko tinggi, sis-wa perlu memahaminya dengan baik untuk menghindari kesalahan dalam penggunaannya. Untuk itu, sebaiknya pada setiap alat dan materi dirumus-kan cara dan mekanisme menggunakannya secara lengkap.
c) Memberikan klarifikasi secukupnya ihwal mekanisme atau langkah-lang-kah melaksanakan eksperimen. Guru perlu memahami benar bagaimana mekanisme melaksanakan suatu aktivitas eksperimen. Prosedur melaksanakan eksperimen sebaiknya disusun dalam bentuk pedoman sehingga sanggup dipelajari siswa.
d) Seandainya ada hal-hal khusus terdapat di laboratorium, siswa perlu memahaminya dengan benar. Oleh sebab itu di dalam laboratorium perlu ada petunjuk yang jelas, termasuk petunjuk ihwal mekanisme keselamatan kerja.
2) Pelaksanaan Eksperimen
Setelah semua dipersiapkan, termasuk apa yang seharusnya dilakukan siswa dalam mengadakan eksperimen, aktivitas selanjutnya siswa memulai pelaksanaan eksperimen. Ada beberapa hal sebagai petunjuk dalam melaksa-nakan pembelajaran melalui eksperimen.
a) Guru jangan terlalu terlibat dalam pelaksanaan ekspeimen. Biarkan siswa
b) memperoleh pengalamannya sendiri, mencari dan menemukan serta be-kerja sendiri. Seandainya ada kesulitan, guru tidak secara eksklusif me-mecahkan kesulitan tersebut, akan tetapi hanya memperlihatkan petunjuk-pe-tunjuk data pertolongan seperlunya.
c) Seandainya eksperimen dilakukan secara kelompok, guru harus mengatur semoga setiap orang sanggup terlibat. Biasanya eksperimen dilakukan oleh siswa yang berilmu saja, sedangkan siswa yang kurang cenderung pasif. Oleh sebab itu guru perlu mengatur susunan kelompok beserta tanggung jawab setiap kelompok.
d) Dalam setiap tahapan guru perlu melaksanakan kontrol. Hal ini dimaksudkan bukan hanya untuk mencek pelaksanaan eksperimen untuk menghin-dari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, akan tetapi juga untuk memperlihatkan pertolongan manakala diperlukan.
3) Tindak Lanjut
Tindak lanjut yakni aktivitas penutupan eksperimen. Ada beberapa hal yang sanggup dilakukan dalam aktivitas ini diantaranya:
a) Siswa mengusut segala peralatan yang dipakai dalam eksperimen, kemudian mnyimpannya menyerupai posisi semula.
b) Siswa melaporkan hasil eksperimen kepada guru untuk dianalisis, kemudian diberikan umpan balik.
c) Secara gotong royong siswa mendiskusikan temuan-temuan atau masalah-masalah yang muncul dari hasil kerjanya.
c. Pembelajaran melalui Demonstrasi
1) Pengertian
Demonstrasi yakni proses pembelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa ihwal suatu proses, situasi atau benda ter-tentu, baik bahwasanya atau hanya sekedar tiruan. Sebagai metode penyajian, demonstrasi tidak terlepas dari klarifikasi secara ekspresi oleh guru. Walaupun dalam proses demonstrasi, kiprah siswa hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi demonstrasi sanggup menyajikan materi pelajaran lebih kongkret. Dalam seni administrasi pembelajaran demonstrasi sanggup dipakai untuk mendukung keber-hasilan seni administrasi pembelajaran ekspositori dan inkuiri.
2) Langkah-langkah Pelaksanaan Demonstrasi
a) Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ada beberapa hal yang harus dilakukan:
(1) Rumuskan tujuan yang harus dicapai oleh siswa sehabis proses demonstrasi berakhir. Tujuan ini mencakup beberapa aspek menyerupai aspek penge-tahuan, sikap, atau keterampilan tertentu.
(2) Persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan. Garis-garis besar lagkah dmonstrasi diharapkan sebagai pandu-an untuk menghindari kegagalan.
(3) Lakukan uji coba demonstrasi. Uji coba mencakup segala peralatan yang diperlukan.
b) Tahap Pelaksanaan
(1) Pembukaan
Sebelum demonstrasi dilakukan ada beberapa hal yang harus diperhati-kan, diantaranya:
(a) Aturlah kawasan duduk yang memungkinkan semua siswa sanggup memperhatikan dengan terang apa yang didemonstrasikan.
(b) Kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa
(c) Kemukakan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa, contohnya siswa ditugaskan untuk mencatat hal-hal yang dianggap penting dari pelaksanaan demonstrasi.
(2) Pelaksanaan Demonstrasi
Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsng siswa untuk berpikir, contohnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang mengandung teka-teki sehingga mendorong siswa untuk tertarik memperhatikan demonstrasi.
(a) Ciptakan suasana yang menyejukkan dengan menghindari suasana yang menegangkan
(b) Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonnstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa.
(c) Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi itu.
(3) Langkah Mengakhiri Demonstrasi
Apabila demonstrasi selesai dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memperlihatkan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini diharapkan untuk meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi itu atau tidak. Selain memperlihatkan kiprah yang relevan, ada bainya guru dan siswa melaksanakan penilaian bersama ihwal jalannya proses demonstrasi itu untuk perbaikan selanjutnya.
Belum ada Komentar untuk "✔ Pelaksanaan Eksperimen Di Laboratorium"
Posting Komentar