✔ Fungsi Statistik Dalam Dunia Pendidikan
| Diambil dari buku Pengantar Statistik Pendidikan karangan Anas Sudijono (2010:9-11) sbb:
Fungsi yang dimiliki dalam dunia pendidikan--terutama bagi para pendidik (pengajar-guru-dosen! dan lainlain)-adalah: menjadi alat bantu.
Tidak sanggup disangkal bahwa dalam melaksanakan tugasnya, seorang pendidik akan senantiasa terlibat pada persoalan penilaian atau penilaian yaitu penilaian atau penilaian terhadap hasil pendidikan sehabis anak didik menempuh proses pendidikan selama jangka waktu yang telah ditentukan. Di dalam aktivitas menilai hasil pendidikan itu, seorang pendidik mengenakan norma tertentu; norma tersebut pada hakikatnya ialah semacam ukuran. Hasil penilaian itu biasanya dinyatakan dalam banyak sekali macam cara; namun cara yang paling umum dipakai ialah dengan menyatakannya dalam bentuk angka (bilangan). Memang hal yang dinilai itu sendiri-yaitu kemajuan atau perkembangan anak didik sehabis mereka menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu-sebenarnya bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif. Dengan kata lain, terhadap hasil penilaian itu dilakukan kuantifikasi. Alasan kuantifikasi itu sudah barang tentu bermacam-macam, namun alasan yang paling utama ialah, dengan melaksanakan pengubahan materi keterangan yang bukan berupa angka menjadi materi keterangan yang berupa angka, pendidik akan sanggup dengan secara lebih terang dan tegas memperoleh citra mengenai kemajuan atau perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik, sehabis mereka menjalani proses pendidikan. Dengan memakai data kuantitatif seorang pendidik akan lebih sanggup memperoleh kepastian, ketimbang memakai data kualitatif.
Baca juga: 6 Kegunaan Statistik Bagi Pendidik Professional
Karena dalam aktivitas penilaian hasil pendidikan cara yang paling umum ialah dengan memakai data kuantitatif, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa statistik dalam hal ini akan memiliki fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk mengolah, menganalisis, dan menyimpul kan hasil yang telah dicapai dalam aktivitas penilaian tersebut.
Sumber:
Sudijono, Anas, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-22.
Fungsi yang dimiliki dalam dunia pendidikan--terutama bagi para pendidik (pengajar-guru-dosen! dan lainlain)-adalah: menjadi alat bantu.
Tidak sanggup disangkal bahwa dalam melaksanakan tugasnya, seorang pendidik akan senantiasa terlibat pada persoalan penilaian atau penilaian yaitu penilaian atau penilaian terhadap hasil pendidikan sehabis anak didik menempuh proses pendidikan selama jangka waktu yang telah ditentukan. Di dalam aktivitas menilai hasil pendidikan itu, seorang pendidik mengenakan norma tertentu; norma tersebut pada hakikatnya ialah semacam ukuran. Hasil penilaian itu biasanya dinyatakan dalam banyak sekali macam cara; namun cara yang paling umum dipakai ialah dengan menyatakannya dalam bentuk angka (bilangan). Memang hal yang dinilai itu sendiri-yaitu kemajuan atau perkembangan anak didik sehabis mereka menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu-sebenarnya bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif. Dengan kata lain, terhadap hasil penilaian itu dilakukan kuantifikasi. Alasan kuantifikasi itu sudah barang tentu bermacam-macam, namun alasan yang paling utama ialah, dengan melaksanakan pengubahan materi keterangan yang bukan berupa angka menjadi materi keterangan yang berupa angka, pendidik akan sanggup dengan secara lebih terang dan tegas memperoleh citra mengenai kemajuan atau perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik, sehabis mereka menjalani proses pendidikan. Dengan memakai data kuantitatif seorang pendidik akan lebih sanggup memperoleh kepastian, ketimbang memakai data kualitatif.
Baca juga: 6 Kegunaan Statistik Bagi Pendidik Professional
Karena dalam aktivitas penilaian hasil pendidikan cara yang paling umum ialah dengan memakai data kuantitatif, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa statistik dalam hal ini akan memiliki fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk mengolah, menganalisis, dan menyimpul kan hasil yang telah dicapai dalam aktivitas penilaian tersebut.
Sumber:
Sudijono, Anas, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-22.
Belum ada Komentar untuk "✔ Fungsi Statistik Dalam Dunia Pendidikan"
Posting Komentar