✔ 7 Fakta Seputar Partai Golkar

 Ada baiknya kita generasi kini mengetahui ihwal hal ✔ 7 Fakta Seputar Partai Golkar
asik berguru dot com.  Ada baiknya kita generasi kini mengetahui ihwal hal-hal unik suatu Partai Besar yang berjulukan Partai Golkar.  Apa saja yang unik dari partai berlambang beringin ini? Inilah 7 Fakta Seputar Partai Golkar versi asik berguru dot com...
  1. Partai Tertua.  Bicara Partai Golkar yakni bicara sejarah bangsa dan negara Indonesia.  Golkar lahir tahun 1964 pada berakhirnya pada pemerintahan Presiden Ir. Soekarno yang ditandai dengan lahirnya Sekber Golkar, tepatnya tanggal 20 Oktober 1964. Sepak terjang Golkar dimulai pada pemilu pertama semenjak pemerintahan orde gres pada tanggal 5 Juli 1971 yang diikuti oleh 10 partai politik. Lima besar dalam Pemilu ini yakni Golongan Karya, Nahdlatul Ulama, Parmusi, Partai Nasional Indonesia, dan Partai Syarikat Islam Indonesia.  Pada tahun 1975, melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1975 ihwal Partai Politik dan Golkar, diadakanlah fusi (penggabungan) partai-partai politik, menjadi hanya dua partai politik (yaitu Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrasi Indonesia) dan satu Golongan Karya.
  2. Rekor Terbanyak Pemenang Pemilu.  Sejak pemerintahan orde gres hingga kini Partai Golkar mempunyai rekor bertandingyang tidak terkalahkan, yaitu sebanyak 7 (tujuh) kali semenjak tahun 1975, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997 dan 2004 (mohon dikoreksi jikalau salah).
  3. Awalnya Bukan Partai.  Bagi generasi yang mempunyai kelahiran 70-an ke atas (maksudnya 70, 69, 68...dst) Partai Golkar kini dalam pelajaran PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) bukanlah sebuah "partai", hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1975 ihwal Partai Politik dan Golkar.  Aneh ya kini gres dipanggil Partai Golkar.
  4. Pencetak Kader Partai.  Suka tidak suka, beberapa kader partai golkar banyak yang berkiprah dipartai-partai lainnya.  Partai Golkar harus kita apresiasi lebih sebagai partai yang banyak menunjukkan pendidikan politik kepada warga negara Indonesia.  Contoh kader si JK dan banyak lagi.
  5. Identik dengan Orba dan Soeharto.  Hasil penelusuran asik berguru dot com di lapangan khususnya masyarakat yang berusia 65 tahun ke atas, mereka jikalau disebutkan golkar selalu ingat jaman Presiden Soeharto dengan Orba-nya.
  6. Jaringan yang Luas.  Sebagai partai tertua tentunya mempunyai jaringan yang sangat berpengaruh di seluruh Indonesia.  Partai Golkar bukan hanya mempunyai akomodasi yang mumpuni tapi juga sayap-sayap partai yang tersebar di beberapa daerah.
  7. Partai Terkorup.  Menurut data yang diperoleh dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepanjang tahun 2005 hingga tahun 2013 mencatat partai Golkar sebagai partai yang mempunyai kader terbanyak yang tersangkut perkara korupsi dan telah mendapat putusan dari pengadilan sebanyak 40 kader GOLKAR terlibat korupsi, namun berdasrkan data ICW menurut indeks korupsi Partai Golkar diurutan ke-3 dengan data indeks korupsi yang dirilis oleh ICW periode 2002-2014 (www.antikorupsi.org) sebagai berikut 1. PDIP (7.7) 2. PAN (5.5) 3. Golkar (4.9) 4. PKB (3.3) 5. PPP (2.7) 6. PKPI (2.1) 7. Gerindra (1.9) 8. Demokrat (1.7) 9. PBB (1.6) 10. Hanura (1.5) 11. PKS (0.3).(Sumber: http://jaringnews.com/politik-peristiwa/umum/58049/pdip-dan-golkar-partai-kader-terkorup).
Itulah 7 Fakta Seputar Partai Golkar versi asik berguru dot com.  Silakan ada yang mau menambahkan?.

Diolah dari aneka macam sumber.

Belum ada Komentar untuk "✔ 7 Fakta Seputar Partai Golkar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel