✔ Pengertian Model Pembelajaran Cooperative Script

. Model pembelajaran Cooperative Script  dalam perkembangannya mengalami banyak pembiasaan sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Beberapa pendapat para andal mendefinisikan model pembelajaran Cooperative Script yang dirangkum dari beberapa sumber:
  • Model pembelajaran  Cooperative Script  berdasarkan Dansereau dalam Slavin yaitu skenario pembelajaran kooperatif. Artinya setiap siswa memiliki kiprah dalam ketika diskusi berlangsung.”11)
  • Menurut Slavin, dalam buku Tukiran Taniredja, “pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 4 hingga 5 orang untuk memahami konsep sebagai wadah siswa bekerja sama dan  memecahkan suatu masalah melalui interaksi sosial.”12) 
  • Cooperative Script  yaitu  “metode berguru dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara verbal mengikhtisarkan, bab -bagian dari bahan yang dipelajari.”13)
Dengan demikian, model Cooperative Script yaitu model berguru yang berfokus pada proses pemahaman bahan dengan mengandalkan kerja pasangan untuk saling melengkapi satu sama lain.

Sumber:
11) Tukiran Taniredja, dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, (Bandung: Alfabeta), h.60.
12) Ibid, h. 56.
13) Agus Suprijono.2014.  Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Belajar), h. 126.

Pengertian dari sumber lain adalah:
  • Metode Cooperative Script yaitu salah satu dari beberapa metode yang ada di model pembelajaran kooperatif ( Cooperative Learning ). Metode ini dikemukakan oleh Danserau dan kawan-kawan pada tahun 1985.
  • Pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkonstruksi konsep, menuntaskan masalah atau inkuiri. Pada pembelajaran kooperatif para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari bahan pelajaran yang telah ditentukan, dalam hal ini sebagian besar kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa yakni mempelajari bahan pelajaran dan didiskusikan untuk memecahkan masalah ( kiprah ).
Adapun pengertian Pembelajaran Kooperatif yaitu sebagi berikut :
  • Pembelajarn kooperatif yaitu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk berhubungan dalam memaksimalkan kondisi berguru untuk mencapai tujuan belajar.
  • Pembelajaran Kooperatif yaitu pembelajaran yang menuntut kerjasama siswa dan saling ketergantungan dalam struktur, tugas, tujuan dan hadiah.
  • Sedangkan berdasarkan Slavin, pembelajaran kooperatif yaitu suatu model pembelajaran dimana siswa berguru dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang beranggotakan 4 – 6 orang dengan struktur kelompok heterogen.
  • Dari uraian diatas maka sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif yaitu suatu model pembelajaran yang memakai adanya kerjasama antara siswa dalam suatu kelompok kecil yang bersifat heterogen untuk mencapai tujuan berguru bersama.
  • Suprijono (dalam Sinuraya, 2011:10) menjelaskan bahwa Cooperative Script merupakan metode berguru dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara verbal mengikhtisarkan bagian-bagian dari bahan yang dipelajari.
  • Selanjutnya Suyatno (2009:75) “Model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script merupakan model berguru dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara verbal mengikhtisar bagian-bagian bahan yang dipelajari”. 

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Model Pembelajaran Cooperative Script"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel