✔ Pembelajaran Kelas Rangkap: Pengertian, Model & Alasan

Pada dasarnya, Pembelajaran Kelas Rangkap yaitu penggabungan sekelompok siswa yang memiliki perbedaan usia, kemampuan, minat, dan tingkatan kelas, di mana dikelola oleh seorang guru atau beberapa guru yang dalam pembelajarannya difokuskan pada kemajuan individual para siswa (Franklin, 1967). Namun demikian selain definisi tersebut, ada sebagian praktisi pendidikan membedakan definisi dari multigrade dengan multiage sebab perbedaan tujuannya. Seperti yang dikemukakan oleh Elkind (1987), bahwa istilah   multigrade di mana kelas yang berbentuk menyerupai itu akan berisi para siswa dari 2 atau lebih tingkatan kelas dengan satu guru di ruangan yang sama pada suatu waktu. Para siswa di kelas tersebut tetap memakai kurikulum yang spesifik untuk tingkatan kelasnya sendiri dan demikian pula dengan tingkat kesukaran tesnya pun diubahsuaikan dengan tingkatan kelas mereka. Dengan demikian, kelihatan bahwa kelas multigrade atau pembelajaran kelas rangkap model itu diadakan untuk alasan manajemen dan ekonomi. Seperti halnya yang terjadi di sekolah-sekolah kawasan terpencil di Indonesia banyak guru yang merangkap kelas sebab memang tidak ada tenaga guru bukan sebab tujuan atau alasan pendidikan. Lain halnya dengan istilah multiage yang mengacu pada praktek pembelajaran kedua tingkatan usia dan kelas yang sengaja dicampur sebab kepentingan tujuan pendidikan yang diinginkan.

Multigrade teaching atau pembelajaran kelas rangkap di SD sudah banyak dilaksanakan di Indonesia di negara-negara maju hal ini sudah menjadi cuilan dari sistem pendidikan secara utuh. Pengembangan dan penggunaan model ini dilakukan sebab faktor kekurangan tenaga guru, letak geografis yang sulit dijangkau, jumlah siswa relatif kecil, keterbatasan ruangan, atau absensi guru.

Pembelajaran Kelas Rangkap merupakan model pembelajaran dengan mencampur beberapa siswa yang terdiri dari dua atau tiga tingkatan kelas dalam satu kelas dan pembelajaran diberikan oleh satu guru saja untuk beberapa waktu. Pembelajaran kelas rangkap sangat menekankan dua hal utama, yaitu kelas digabung secara terintegrasi dan pembelajaran terpusat pada siswa sehingga guru tidak perlu berlari-lari antara dua ruang kelas untuk mengajar dua tingkatan kelas yang berbeda dengan kegiatan yang berbeda.

Namun murid dari dua kelas bekerja secara sendiri-sendiri di ruangan yang sama, masing-masing duduk di sisi ruang kelas yang berlainan dan diajarkan kegiatan yang berbeda oleh satu guru. Pembelajaran Kelas Rangkap yaitu suatu bentuk pembelajaran yang mensyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruangan kelas atau lebih, dalam dikala yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda (IG.AK.Wardhani, 1998).

Alasan dilakukannya Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) tidak hanya sebab faktor kekurangan guru. PKR juga sering diterapkan sebab alasan letak geografis yang sulit dijangkau, ruangan kelas terbatas, kekurangan tenaga guru, jumlah siswa yang relatif sedikit, guru berhalangan hadir, atau mungkin faktor keamanan menyerupai di kawasan pengungsi.

Katz (1992), menegaskan bahwa kelas rangkap dilaksanakan tidak hanya sebab alasan-alasan letak gegorafis, kekurangan murid, atau kekurangan tenaga guru, akan tetapi lebih dari itu yaitu bagaimana meningkatkan mutu pendidikan melalui fasilitasi yang tinggi bagi perkembangan dan potensi siswa. Oleh sebab itu ia menyebarkan tiga jenis kelas rangkap dalam rangka pembelajaran; 1) Combined grades, 2) continuous progress, 3) mixed age/multiage grouping.

Model pertama Combine grades; atau juga dikatakan sebagai combined classess, dimana dalam satu kelas terdapat lebih dari satu tingkatan kelas anak. Membagi kelas menjadi beberapa cuilan sesuai dengan tuntutan kurikulum untuk beberapa tingkatan atau hanya dua tingkatan. Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan kemampuan siswa dan pemahaman lingkungan juga meningkatkan perilaku dan pengalaman dalam kelompok-kelompok umur yang berbeda.

Model kedua Continuous progrees; model ini berupa kelompok anak dengan pencapaian kurikulum yang tinggi dimana proses berguru mengajar melihat keberlanjutan pengalaman dan tingkat perkembangan anak, dalam model ini setiap anak berkesempatan untuk terus berkelanjutan dalam mengikuti setiap tingkatan kelas sesuai dengan usang sekolah, tujuannya yaitu setiap anak berkesempatan untuk memperoleh laba dari perbedaan umur dan perbedaan perilaku dan kemampuan ketika berguru bersama.

Model ketiga mixed age/multiage grouping; dimana proses pembelajaran dan praktek kurikulum memaksimalkan laba dari berinteraksi dan berhubungan dari bermacam-macam umur. Dalam model ini grup dibentuk secara fleksibel atau proses re gruping anak dibentuk dalam kelompok umur, jenis kelamin, kemampuan, mungkin terjadi satu guru mengajar untuk lebih dari satu tahun.

Alasan dengan memakai model aneka macam tingkatan umur ini multiage grouping ini adalah;
  1. Memberikan kesempatan kepada anak untuk berguru tanpa rasa takut dan salah.
  2. Siswa disediakan kegiatan dengan aneka macam jenis.
  3. Dengan model ini memungkinkan anak sanggup berguru ihwal aspek sosial, pemahaman ihwal diri dan orang lain, kepercayaan diri dan konsep diri, partisipasi anak dalam kelompok, pada jadinya sanggup meningkatkan kekerabatan sosial dan pertemanan.
  4. Tidak ada titik signifikansi antara kelompok umur.
Berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "✔ Pembelajaran Kelas Rangkap: Pengertian, Model & Alasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel