✔ 8 Fungsi Supervisi Pendidikan
8 Fungsi Supervisi Pendidikan - . Fungsi utama supervisi pendidikan ditujukan pada perbaikan dan peningkatan kualitas pengajaran. Baik Franseth Jane, maupun Ayer (dalam Encyclopediaof educational research: Chester Harris 1958:1442), mengemukakan bahwa fungsi utama supervisi adalah membina kegiatan pengajaran yang sebaik-baiknya sehingga selalu ada perjuangan perbaikan.
Fungsi utama supervisi modern adalah menilai dan memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran penerima didik (Burton & Bruckner 1955:3). Sedangkan Briggs mengungkapkan bahwa fungsi utama supervisi bukan perbaikan pembelajaran saja, tapi untuk mengkoordinasi, menstimulasi, dan mendorong ke arah pertumbuhan profesi guru . Ada analisis yang lebih luas menyerupai yang dibahas oleh Swearingen dalam buku nya Supervision of instruction – Foundation and Dimension (1961). Ia mengemukakan 8 fungsi supervisi :
Fungsi utama supervisi modern adalah menilai dan memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran penerima didik (Burton & Bruckner 1955:3). Sedangkan Briggs mengungkapkan bahwa fungsi utama supervisi bukan perbaikan pembelajaran saja, tapi untuk mengkoordinasi, menstimulasi, dan mendorong ke arah pertumbuhan profesi guru . Ada analisis yang lebih luas menyerupai yang dibahas oleh Swearingen dalam buku nya Supervision of instruction – Foundation and Dimension (1961). Ia mengemukakan 8 fungsi supervisi :
- Mengkoordinasi semua perjuangan sekolah.
- Memperlengkapi kepemimpinan sekolah.
- Memperluas pengalaman-pengalaman guru.
- Menstimulasi usaha-usaha yang kreatif.
- Member kemudahan dan evaluasi yang terus-menerus.
- Menganalisis situasi belajar-mengajar.
- Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap anggota staf.
- Memberi wawasan yang lebih luas dan terintegrasidalam merumuskan tujuan-tujuan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.
Belum ada Komentar untuk "✔ 8 Fungsi Supervisi Pendidikan"
Posting Komentar