✔ Indikator Keberhasilan Guru

Indikator Keberhasilan Guru - .  Pada zaman dahulu atau tradisional penilaian terhadap pekerjaan guru bertalian penghargaan terhadap personil. Pada umumnya majemuk rumusan sudah mengutamakan kreteria yang telah dikelompokkan menjadi:

1.     Proses
Pada prinsipnya proses ialah membahas wacana penilaian guru dan faktor-faktornya :
a.     bagaimana guru merancang situasi belajar
b.     aneka macam macam interaksi guru dan siswa
c.     analisis tingkah laku

2.     Kerakteristik guru
Meliputi aspek IQ kepribadian dan atribut personal lainnya.
Dari dua nomor di atas seiring perkembangan zaman muncullah unsur yang nomor tiga.

3.     Produk
Keberhasilan guru sanggup dilihat perubahan tingkah laris siswa. Pada masa ini mereka beranggapan bahwa penilaian merupakan acara selesai dari suatu proses mengajar. Kriteria hasil pekerjaan guru menjadi salah satu ukuran pekerjaan guru yang lebih mengutamakan jumlah dan keefektifan. Indikator keberhasilan guru sanggup dikemukakan sebagai berikut:

a.     Silabus
Guru bisa menyusun silabus yaitu planning pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian
1)     Menyusun Rencana Program Pembelajaran
Seorang guru harus merencanakan pembelajaran untuk mempermudah PBM sehingga lebih bermakna. Kemudian dituntut juga untuk lebih mempertimbangkan dari pelajaran yang diberikan pada anak. Selain itu harus mempunyai tujuan pembelajaran yakni memben¬tuk kepribadian anak didik dengan memperlihatkan sejumlah materi pelajaran. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan pelajaran, antara lain siswa sebagai orang yang terlibat dalam situasi pembelajaran, waktu dipakai dalam pembelajaran, urutan materi yang dibahas, rangkaian perkembangan proses berpikir dan ketrampilan yang akan dikembangkan pada siswa, Alat peraga yang digunakan, penilaian pelajaran yang diberikan.
2)    Proses Belajar Mengajar
Keberhasilan guru sanggup juga diketahui dengan melihat bagaimana perilaku dan tindakan guru dalam PBM. Adapun agenda PBM ini sanggup dibagi menjadi:
a)    Proses Belajar Mengajar Pada Umumnya
a.1.   Apakah guru menyajikan materi pelajaran. Artinya siswa sanggup mendapatkan klarifikasi guru atau dengan kata lain apakah materi yang diajarkan bias dipahami dengan baik maka ia sanggup diketegorikan sebagai guru yang berhasil.
a.2.    Apakah guru mengunakan metode yang bervariasi diketahui betapa pentingnya penggunaan metode yang bervariasi, alasannya ialah hal ini bisa mengatasi kejenuhan pada siswa dalam acara mencar ilmu mengajar
a.3.    Apakah guru bisa mengintegrasikan pengalaman mencar ilmu dalam keberhasilannya sanggup dilihat dengan seberapa jauh siswa sanggup mengikuti pembelajaran yang telah dirancang guru. Siswa sanggup mengikutinya dengan baik maka ia sanggup dikategorikan guru yang berhasil.
a.4.    Apakah guru bisa mengunakan alat bantu belajar.

b.     Ketrampilan Khusus mengajar
1)     Apakah: guru bisa membuka pelajaran. Disini sanggup diketahui guru bisa membuka pelajaran dengan baik atau tidak. Karena membuka pelajaran yang baik dan benar ialah perjuangan guru dalam membuat situasi balajar yang optimal.
2)     Apakah guru atau menutup pelajaran dengan baik. Pada selesai pelajaran guru yang berhasil sanggup menutup pelajaran dengan menyimpulkan yang telah diterangkan atau memperlihatkan tugas-tugas sebagai langkah tindak lanjut.
3)     Apakah guru bisa mengajukan pertanyaan dengan tepat. Pertanyaan dari guru hendaknya tidak membingungkan atau menjadikan beberapa alternatif jawaban. Dan sebaiknya pertanyaan mengacu pada materi.
4)     Apakah guru bisa memotivasi siswa. Seorang guru hendaknya sanggup mengusahakan rasa antusias siswa, sehingga mereka merasa terdorong untuk mengikuti pelajaran.
5)     Apakah guru bisa menilai siswa
6)     Apakah guru bisa memperlihatkan umpan balik dan keterampilan-keterampilan lainnya

c.     Pengelolaan Kelas
1)     Apakah guru memelihara kedisiplinan. Disini guru memberi teladan disiplin serta sanggup bertingkah laris yang mencerminkan sebagai guru yang bertanggungjawab.
2)     Apakah guru memperhatikan keluhan siswa. Sedapat mungkin keluhan siswa diperhatikan dan bahu-membahu dengan siswa mencari pemecahannya.
3)     Apakah guru menghargai pertanyaan siswa. Guru yang berhasil akan memperlihatkan kesempatan siswa untuk bertanya dan memperhatikan perta¬nyaan itu.
4)     Apakah guru memelihara lingkungan fisik. Guru diperlukan untuk menetralisir suasana acara mencar ilmu mengajar di kelas.
5)     Apakah guru menghargai pendapat murid
6)     Apakah guru membuat suasana kelas yang kondusif.

d.     Evaluasi Hasil Belajar Siswa
1)     Apakah guru mengadakan evaluasi. Guru yang sanggup dikategarikan berhasil ialah bila pada setiap satuan waktu tertentu ialah bila pada satuan waktu tertentu menga¬dakankan penilaian untuk mengetahui sejauh mana materi telah dikuasai Siswa.
2)     Apakah guru mengolah hasil evaluasi. Evaluasi yang telah dilaksnakan harus segera dikoreksi dan diolah menjadi nilai-nilai.
3)     Apakah guru mengadakan follow Up. Setelah diolah akan diketahui tingkat penguasaan siswa, sehingga sanggup melihat langkah-langkah apa yang dilakukan guru melihat hasil penilaian ini.

e.     Pendayagunaan Sumber
Hal ini berkaitan dengan ketrampilan atau kemampuan guru di dalam mengunakan sumber-sumber yang baik disekolah maupun yang ada di lingkungan masyarakat. Sumber mencar ilmu bagi siswa di sekolah lebih baik guru tidak mengunakan satu buku saja, tapi melatih siswa untuk mendayagunakan sumber atau buku yang tersedia di perpustakaan. Di samping itu lingkungan masyarakat masih banyak yang sanggup didayagunakan sebagai sumber belajar. Misalnya: museum, kebun raya, kebun binatang, dan lain-lain.

f    Pekerjaan Siswa
Seorang guru harus memperlihatkan pekerjaan untuk dikerjakan siswa di rumah. Yang lalu dikumpulkan, dikoreksi dan dikembalikan pada siswa dan dibahas kembali soal yang tidak sanggup dikerjakan siswa dengan baik.

g    Perpustakaan Kelas
Keberhasilan guru juga sanggup ditentukan bagaimana ia sanggup mendayagunakan perpustakaan yang ada didalam kelas.

Belum ada Komentar untuk "✔ Indikator Keberhasilan Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel